Daftar Sektor IDX Industrial Classification

Daftar Sektor IDX Industrial Classification

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 25 Januari 2021 meluncurkan klasifikasi industri baru yang dinamakan dengan Indonesia Stock Exchange - Industrial Classification (IDX-IC). 

IDX-IC adalah pendekatan baru dalam klasifikasi perusahaan tercatat di PT Bursa Efek Indonesia menggantikan Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA) yang digunakan sejak tahun 1996.

Ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi para penggunanya atas kelompok perusahaan dengan eksposur pasar yang sejenis.

IDX-IC memiliki 4 tingkat klasifikasi yang terdiri dari 12 Sektor, 35 Sub-sektor, 69 Industri, 130 Sub-industri.

Struktur Klasifikasi
Sektor akan diberikan kode berupa huruf berurutan (A-Z). Untuk Sub-sektor, Industri, dan Sub-industri akan diberikan kode angka bilangan bulat berurutan (1-9).

Sebagai contoh, untuk perusahaan yang diklasifikasikan ke dalam Sub-Industri Produksi dan Penyulingan Minyak dan Gas (Oil & Gas Production & Refinery) akan diberikan kode A111, dimana:

Sektor :

A

Sub-sektor :

A1

Industri :

A11

Sub-industri :

A111



4 Tingkat Klasifikasi
12 Sektor IDX - IC
12 Sektor IDX IC













Berikut 12 sektor emiten BEI yang terdapat dalam IDX IC (IDX Industrial Classification)

(A) Energi (Energy)

Sektor Energi mencakup perusahaan yang menjual produk dan jasa terkait dengan ekstraksi energi yang mencakup energi tidak terbarukan (fossil fuels) sehingga pendapatannya secara langsung dipengaruhi oleh harga komoditas energi dunia, seperti perusahaan Pertambangan Minyak Bumi, Gas Alam, Batu Bara, dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa yang mendukung industri tersebut. Selain itu sektor ini juga mencakup perusahaan yang menjual produk dan jasa energi alternatif.


A1. Sub sektor Minyak, Gas & Batu Bara / Oil, Gas, and Coal

1  A111   Produksi & Penyulingan Minyak / Gas Oil & Gas Production & Refinery

Perusahaan yang melakukan eksplorasi, produksi, atau penyulingan minyak dan gas.


2  A112   Penyimpanan & Distribusi Minyak & Gas / Oil & Gas Storage & Distribution

Perusahaan yang menyediakan jasa penyimpanan atau jasa distribusi dan transportasi, baik dengan menggunakan jaringan pipa maupun alat transportasi atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak dan perusahaan yang melakukan jual beli Minyak dan Gas.


3  A121   Produksi Batu Bara / Coal production

Perusahaan yang melakukan eksplorasi dan produksi batu bara dan lignit.


4   A122   Distribusi Batu bara / Coal Distribution

Perusahaan yang menyediakan jasa transportasi atas dasar balas jasa (fee) dan perusahaan yang melakukan jual beli Batu Bara.


5   A131   Jasa Pengeboran Minyak & Gas / Oil & Gas Drilling Service

Perusahaan yang menyediakan jasa pengeboran secara langsung, pemasangan alat pengeboran minyak dan gas di lokasi pertambangan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak.


6   A132   Jasa, Perlengkapan Minyak, Gas & Batu Bara / Oil, Gas, Coal Equipment   

Perusahaan yang memproduksi perlengkapan ekstraksi energi seperti bor dan rig, jasa eksplorasi yang berhubungan dengan pengambilan minyak bumi, gas alam, bijih batubara, perbaikan dan pembongkaran pinggiran sumur minyak dan gas, membuat observasi geologi.


A2. Sub sektor Energi Alternatif

7  A211   Peralatan Energi Alternatif /Alternative Energy Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi peralatan pembangkit energi dari sumber energi terbarukan dari sinar matahari, angin, air, panas bumi, biomassa.


8   A221   Bahan Bakar Alternatif  / Alternative Fuels

Perusahaan yang melakukan produksi bahan bakar alternatif seperti bahan bakar nabati (biodiesel), bahan bakar hidrogen, bahan bakar etanol, uranium.


(B) Barang Baku (Basic materials)

Industri Barang Baku mencakup perusahaan yang menjual produk dan jasa yang digunakan oleh industri lain sebagai bahan baku untuk memproduksi barang final, seperti perusahaan yang memproduksi Barang Kimia, Material Konstruksi, Wadah & Kemasan, Pertambangan Logam & Mineral Non-Energi, dan Produk Kayu & Kertas.


B1. Sub sektor Barang Baku / Basic Materials

1  B111   Barang Kimia Dasar / Basic Chemicals

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi barang kimia dasar seperti menghasilkan bahan kimia khlor dan alkali, logam alkali, gas industri seperti nitrogen, oksigen, karbon dioksida, hidrogen, helium, gas mulia, plastik dalam bentuk dasar seperti polimer, karet sintetis dalam bentuk dasar, bahan kimia hasil pertanian seperti seperti asam alufamat, asam asetat, asam citrat, asam benzoat, fatty acid, fatty alkohol, furfucal, sarbitol.


2  B112   Barang Kimia Pertanian / Agricultural Chemicals

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi barang kimia pendukung pertanian seperti pupuk yang berasal dari nitrogen murni atau kompleks seperti pupuk fosfat atau potasium, pestisida, insektisida, rodentisida, fungisida, herbisida, produk anti-sprout (anti tunas), dan pengatur pertumbuhan tanaman.


3  B113   Barang Kimia Khusus / Specialty Chemicals

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi barang kimia yang sudah diolah untuk keperluan industri lainnya seperti cat atau pewarna, tinta, lak, perekat, bahan peledak, plastik lembaran, lembaran kertas kaca (film), pengawet.


4   B121   Material Konstruksi / Construction Materials

Perusahaan yang melakukan produksi, penambangan dan distribusi barang dasar konstruksi seperti semen, pasir, batu bangunan, aspal, batu bata, batako, gipsum, beton.


5   B131   Wadah & Kemasan / Containers & Packaging

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi wadah, seperti botol kaca, kaleng logam, tong kayu, wadah plastik, kardus, bejana, stoples, kantong plastik, dan kemasan yang dirancang khusus.


6   B141   Aluminium / Aluminium

Perusahaan yang melakukan penambangan, penampungan dan pengolahan bijih bauksit/alumunium termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


7   B142   Tembaga / Cooper

Perusahaan yang melakukan pertambangan dan pengolahan bijih tembaga termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


8   B143   Emas / Gold

Perusahaan yang melakukan penambangan, pembersihan, pengolahan bijih emas termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


9   B144   Baja & besi / Iron & steel

Perusahaan yang melakukan pertambangan pasir besi, bijih besi dan pengolahan dari bijih besi menjadi besi gubal sampai menjadi baja, dan pembuatan produk baja dan logam campuran besi dalam berbagai ukuran dan bentuk, termasuk scrap besi dan baja. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


10  B145   Logam & Mineral Mulia / Precious Metals & Minerals

Perusahaan yang melakukan pertambangan dan pengolahan bijih logam mulia selain emas seperti platina, perak, rutenium, rodium, paladium, osmium, iridium, mutiara dan batu mulia seperti intan, safir. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.

 

11  B146   Logam & Mineral Lainnya / Diversified Metals & Minerals

Perusahaan yang melakukan penambangan logam dan mineral bukan besi lainnya seperti torium, timah, nikel, mangan, pertambangan mineral seperti belerang, fosfat, nitrat, yodium, potash, ekstraksi tanah gamut, ekstraksi garam. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


12  B147   Jasa & Perlengkapan Pertambangan / Mining Equipment & Services

Perusahaan yang memproduksi perlengkapan pengeboran mineral logam dan bukan logam, jasa pengeboran, jasa eksplorasi seperti pengambilan contoh bijih logam. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


13  B151   Kayu / Timber

Perusahaan yang melakukan penanaman, pemanenan, penggergajian pohon untuk menghasilkan produk kayu seperti kayu bakar, arang kayu, serbuk kayu, serpih kayu dan kayu bulat dalam bentuk yang belum diolah, bubur kayu. Tidak termasuk kayu yang sudah diolah menjadi barang bangunan, furnitur, dan barang dari kayu lainnya yang sudah bersifat final. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


14  B152   Kertas / Paper

Perusahaan yang melakukan produksi kertas seperti bubur kertas/pulp, kertas budaya, kertas berharga, kertas khusus, kertas cetak siap pakai, buku tulis. Tidak termasuk kertas untuk wadah atau kemasan. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


15  B153   Produk Hutan Lainnya / Diversified Forest

 Perusahaan yang melakukan penanaman, pemanenan, pemungutan rotan, karet alam, getah pinus, kayu putih, bambu, damar, gaharu, madu. Selain itu perusahaan yang melakukan proses perencanaan hutan, penaksiran kayu, pengendalian hama hutan, jasa konsultasi dan manajemen hutan, dan pengangkutan kayu dalam hutan. Termasuk juga kegiatan reboisasi hutan yang dilakukan atas dasar kontrak dan hanya melakukan distribusi saja.


(C) Perindustrian (Industrials)

Industri Perindustrian mencakup perusahaan yang menjual produk dan jasa yang secara umum dikonsumsi oleh industri, bukan oleh konsumen. Produk dan jasa dihasilkan merupakan produk dan jasa final dan bukan produk yang harus diolah lagi seperti bahan baku. Industri ini mencakup produsen Barang Kedirgantaraan, Pertahanan, Produk Bangunan, Produk Kelistrikan, Mesin. Selain itu industri ini juga mencakup penyedia Jasa Komersial - seperti Percetakan, Pengelola Lingkungan, Pemasok Barang dan Jasa Industri - dan Jasa Profesional - seperti Jasa Personalia dan Jasa Penelitian - untuk keperluan industri.


C1. Sub sektor Barang Perindustrian / Industrial Goods

1  C111   Kedirgantaraan & Pertahanan / Aerospace & Defense

Perusahaan yang melakukan manufaktur atau distribusi pesawat terbang dan mesinnya termasuk pesawat terbang penumpang dan perang, pesawat ruang angkasa, peralatan navigasi udara seperti radar, kendaraan pertahanan seperti tank dan kendaraan militer lainnya, dan alat pertahanan seperti senjata dan amunisi.


2  C121   Produk & Perlengkapan Bangunan / Building Products & Fixtures

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi barang kelengkapan bangunan seperti genteng, ubin, kusen, daun pintu, daun jendela, kaca, teralis, tangga, tandon air, barang saniter dari porselen seperti bak mandi, kloset, wastafel, kran air, pipa saluran, barang dapur yang tidak dapat dipindahkan, lubang udara, pagar, tripleks, kerangka kayu, kerangka besi, papan gipsum, papan seng, papan asbes, peralatan penerangan. Tidak termasuk karpet, pelapis tembok/wallpaper, tirai.


3  C131   Komponen & Peralatan Kelistrikan / Electrical Components & Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi komponen dan alat kelistrikan ringan seperti kabel listrik, kabel serat optik, fitting, soket listrik (stop kontak), sekering listrik, sakelar listrik.


4  C132   Alat Kelistrikan Berat / Heavy Electrical Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi alat kelistrikan berat seperti motor listrik, mesin pembangkit listrik, alat pengaturan tegangan listrik.


5  C141   Mesin Konstruksi & Kendaraan Berat / Construction Machinery & Heavy Vehicles

Perusahaan yang melakukan manufaktur atau distribusi mesin untuk penambangan, penggalian, dan konstruksi seperti traktor, mesin pemindah tanah, mesin dan lori pencampur beton dan mortar, mesin pile- driver dan pile ekstraktor, penyebar mortar dan aspal, mesin penghalus permukaan beton, crane, truk berat, bus, trailer, lokomotif dan gerbong kereta api, kapal laut dan perahu.


6  C142   Mesin Pertanian / Agricultural & Farm Machinery

Perusahaan yang melakukan manufaktur atau distribusi traktor yang digunakan dalam pertanian dan kehutanan, mesin bajak, penebar pupuk, penebar bibit, penggaruk dan lain-lain, mesin pemanen atau pemotong tanaman (penebah), mesin pengerjaan kayu, mesin pemerah susu, industri mesin penyemprot untuk keperluan pertanian, dan berbagai macam mesin pertanian.


7  C143   Mesin & Komponen Perindustrian / Industrial Machinery & Components

Perusahaan yang melakukan manufaktur atau distribusi mesin perindustrian dan komponennya, seperti mesin metalurgi, mesin pengolahan makanan, mesin tekstil, mesin percetakan, mesin pabrik kertas, boiler, mesin pompa hidrolik dan pneumatik, bearing, roda gigi, mesin pengemasan, elevator, escalator, oven, tungku pembakar, cetakan untuk keperluan industri.


C2. Sub sektor Jasa Perindustrian / Industrial Services

8  C211   Perdagangan Aneka Barang Perindustrian / Diversified Industrial Trading

Perusahaan melakukan distribusi aneka alat-alat perindustrian.


9  C221   Percetakan Komersial / Commercial Printing

Perusahaan yang menyediakan jasa pencetakan untuk keperluan industrial, termasuk pencetakan khusus seperti meterai, surat berharga, paspor, kartu identitas, kartu keuangan, dan jasa penunjang percetakan seperti penjilidan.


10  C222   Jasa Pengelolaan Lingkungan & Sarana / Environmental & Facilities Services

Perusahaan yang melakukan jasa pengelolaan air limbah, pengelolaan dan daur ulang sampah, pemulihan pencemaran/remediasi, kebersihan umum perkantoran, pemeliharaan taman.


11  C223   Peralatan Kantor / Office Supplies

Perusahaan yang melakukan produksi atau memasok peralatan dan perlengkapan perkantoran.


12  C224   Jasa Pendukung Bisnis / Business Support Services

Perusahaan yang menyediakan jasa pendukung bisnis seperti penyediaan gabungan jasa administrasi perkantoran sehari-hari, jasa call centre, penyelenggaraan meeting, insentive, convention, exhibition, jasa sistem keamanan, katering, jasa perbaikan dan pemeliharaan, jasa pengarsipan dan pergudangan.


13  C231   Jasa Personalia / Human Resource & Employment Services

Perusahaan yang menyediakan jasa ketenagakerjaan seperti pemenuhan penempatan tenaga kerja, penyedia tenaga kerja kontrak, penyedia fungsi manajemen personalia, penyelenggara pelatihan tenaga kerja.


14  C232   Jasa Penelitian & Konsultasi / Research & Consulting Services

 Perusahaan yang menyediakan jasa penelitian, konsultasi, sertifikasi,pemeriksaan/audit, inspeksi, survei.


C3. Sub sektor Perusahaan Holding Multi Sektor / Multi-sector Holdings

15  C311   Perusahaan Holding Multi Sektor / Multi-sector Holdings

 Perusahaan yang memiliki anak perusahaan pada 2 atau lebih lini bisnis non-keuangan yang berbeda dan tidak ada yang mayoritas.


(D) Barang Konsumen Primer (Consumer Non-Cyclicals)

Industri Barang Konsumen Primer mencakup perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi produk dan jasa yang secara umum dijual pada konsumen namun tetapi untuk barang yang bersifat anti-siklis atau barang primer/dasar sehingga permintaan barang dan jasa ini tidak dipengaruhi pertumbuhan ekonomi, seperti Perusahaan Ritel Barang Primer – Toko Makanan, Toko Obat-obatan, Supermarket, Produsen Minuman, Makanan Kemasan, Penjual Produk Pertanian, Produsen Rokok, Barang Keperluan Rumah Tangga, dan Barang Perawatan Pribadi.


D1. Sub sektor Perdagangan Ritel Barang Primer / Food & Staples Retailing

1  D111   Ritel & Distributor Obat-obatan / Drug Retail & Distributors 

Perusahaan pedagang eceran yang utamanya menjual obat-obatan seperti toko obat dan apotek.


2  D112   Ritel & Distributor Makanan / Food Retail & Distributors

Perusahaan pedagang eceran yang utamanya menjual makanan.


3  D113   Supermarket / Supermarkets & Convenience Store

Perusahaan pemilik supermarket, dan minimarket yang menjual makanan, minuman, dan bahan kebutuhan pokok.


D2. Sub sektor Makanan & Minuman / Food & Beverage

4  D211   Minuman Keras / Liquors

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi minuman keras.


5  D212   Minuman Ringan / Soft Drinks

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi minuman non-alkohol bukan produk susu, seperti air mineral, minuman bersoda, teh, kopi, dan minuman cokelat siap minum dan siap seduh, jus buah, sirop.


6  D221   Produk Susu Olahan / Dairy Products

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi makanan dan minuman produk susu dalam kemasan seperti susu, es krim, mentega, yoghurt.


7  D222   Makanan Olahan / Processed Foods

Perusahaan yang melakukan produksi dan pengemasan makanan dalam kemasan seperti daging dan ikan dalam bentuk kemasan, makanan dan minuman instan, roti dan kue, sayur beku, minyak makan, margarin, tepung, gula. Termasuk jika perusahaan hanya melakukan distribusi.


8  D231   Ikan, Daging & Produk Unggas / Fish, Meat, & Poultry

Perusahaan yang melakukan produksi dalam bentuk kegiatan pertanian untuk menghasilkan produk ikan, udang, dan produk laut lainnya, daging, susu, produk unggas seperti daging ayam dan telur, produksi pakan ternak. Tidak termasuk perusahaan  yang  melakukan  kegiatan pengemasan untuk dijual ke konsumen akhir.


9  D232   Perkebunan & Tanaman Pangan / Plantations & Crops

 Perusahaan yang melakukan produksi dalam bentuk kegiatan pertanian untuk menghasilkan produk tanaman serealia seperti padi dan jagung, kacang, sayur- sayuran, buah-buahan, tebu, kopi, teh. Tidak termasuk perusahaan yang melakukan kegiatan pengemasan untuk dijual ke konsumen akhir.


D3. Sub sektor Rokok / Tobacco

10  D311   Rokok / Tobacco

 Perusahaan  yang  melakukan  produksi rokok, cerutu, dan produk tembakau lainnya.


D4. Sub sektor Produk Rumah Tangga Tidak Tahan Lama / Nondurable Household Products

11  D411   Produk Keperluan Rumah Tangga / Household Products

Perusahaan yang melakukan produksi barang keperluan rumah tangga seperti kertas tisu, deterjen, sabun pembersih, bohlam lampu, batu baterai, alat tulis.


12  D421   Produk Perawatan Tubuh / Personal Care Products

 Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi produk perawatan tubuh seperti kosmetik,  sampo,  sabun,  deodoran, parfum, perawatan kulit, pasta dan sikat gigi, popok dan pembalut wanita, kapas.


(E) Barang Konsumen Non-Primer (Consumer Cyclicals)

Industri Barang Konsumen Sekunder mencakup perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi produk dan jasa yang secara umum dijual pada konsumen namun tetapi untuk barang yang bersifat siklis atau barang sekunder sehingga permintaan barang dan jasa ini berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi. Industri ini mencakup perusahaan yang memproduksi Mobil Penumpang dan Komponennya, Barang Rumah Tangga Tahan Lama (Durable), Pakaian, Sepatu, Barang Tekstil, Barang Olahraga dan Barang Hobi. Selain itu industri ini juga mencakup perusahaan yang menyediakan Jasa Pariwisiata, Rekreasi, Pendidikan, Penunjang Konsumen, Perusahaan Media, Periklanan, Penyedia Hiburan, dan Perusahaan Ritel Barang Sekunder.


E1. Sub sektor Otomotif & Komponen Otomotif / Automobiles & Components

1  E111    Suku Cadang Otomotif / Auto Parts & Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi pembuatan atau distribusi suku cadang dan aksesori untuk mobil dan sepeda motor termasuk helm sepeda motor.


2  E112    Ban / Tires

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi ban karet untuk mobil dan sepeda motor.


3  E121    Produsen Mobil / Car Manufacturers

Perusahaan yang melakukan manufaktur kendaraan bermotor penumpang roda empat. Tidak termasuk bus dan truk berat.


4  E122    Produsen Motor / Motorcycle Manufacturers

Perusahaan yang melakukan manufaktur sepeda motor roda dua dan roda tiga. Tidak termasuk sepeda.

 

E2. Sub sektor Barang Rumah Tangga / Household Goods

5  E211    Produsen Furnitur Rumah / Home Furnishings

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi furnitur atau hiasan rumah seperti kursi termasuk sofa, meja, tempat tidur, karpet, pelapis dinding, vas, guci, gorden.


6  E212    Peralatan Rumah Tangga / Household Appliances

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi peralatan listrik untuk menunjang kegiatan rumah tangga seperti penghisap debu, kulkas, mesin pencuci piring, mesin pencuci dan pengering pakaian, unit pembuangan sampah, peralatan elektrotermal rumah tangga seperti pemanas air listrik, kipas angin, oven listrik, microwave, mesin pembuat kopi/teh, pengatur suhu ruangan (Air Conditioner),  kompor  gas  dan  listrik, pemotong rumput, peralatan tangan listrik dan non listrik, furnitur penerangan.


7  E213    Perlengkapan Rumah Tangga / Housewares & Specialties

 Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi peralatan makan seperti sendok, garpu, cangkir, piring dan mangkok makan, peralatan masak seperti panci dan teko, botol bayi.


E3. Sub sektor Barang Rekreasi / Leisure Goods

8  E311    Barang Elektronik Konsumen / Consumer Electronics

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi barang hiburan elektronik rumah tangga seperti televisi, radio, pemutar rekaman,  speaker,  headphone,  alat fotografi dan sinematografi konsumen, video permainan konsol.


9  E321    Peralatan Olah Raga & Barang Hobi / Sport Equipment & Hobbies Goods

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi peralatan olah raga seperti raket, bola, matras olah raga, stik olah raga, peralatan renang dan selam, sepeda, papan olah raga, alat musik, barang hobi seperti mainan, akuarium dan ikan hias.

 

E4. Sub sektor Pakaian & Barang Mewah / Apparel & Luxury Goods

10  E411    Pakaian, Aksesoris & Tas / Clothing, Accessories & Bags

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi baju dan celana untuk berbagai keperluan, aksesoris tubuh seperti perhiasan, tas baik tas tangan, punggung, dan koper, dompet, jam tangan, kaca mata non-medis.


11  E412    Alas Kaki / Footwear

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi sepatu dan sandal.


12  E413    Tekstil / Textiles

 Perusahaan yang melakukan pengolahan, pemintalan, penenunan, penyelesaian, dan penjualan tekstil seperti benang, kain, kulit, bulu, dan tekstil rajutan. Termasuk perusahaan yang melakukan distribusi saja.


E5. Sub sektor Jasa Konsumen / Consumer Services

13  E511    Fasilitas Permainan / Gaming Venue

Perusahaan pemilik dan penyelenggara fasilitas perjudian dan pertaruhan seperti kasino dan penjualan lotre dalam bentuk fisik maupun virtual, pemilik dan penyelenggara arena permainan arcade.


14  E512    Hotel, Resor & Kapal Pesiar / Hotels, Resorts & Cruise Lines

Perusahaan pemilik dan pengelola penginapan jangka pendek seperti hotel, resor, vila sewaan, kapal pesiar.


15  E513    Agen Perjalanan / Travel Agencies

Perusahaan yang menyediakan jasa agen perjalanan,penyelenggara tur, pramuwisata, jasa reservasi transportasi dan akomodasi baik secara langsung maupun melalui internet.


16  E514    Fasilitas Rekreasi & Olah Raga / Recreational & Sports Facilities

Perusahaan pemilik dan pengelola fasilitas hiburan dan rekreasi seperti taman bertema, kebun binatang, wisata alam, museum, karaoke, fasilitas olah raga seperti pusat kebugaran, klub olah raga, bioskop, teater seni.


17  E515    Rumah Makan / Restaurants

Perusahaan pemilik dan pengelola restoran, kafetaria, bar dan diskotek, kedai kopi.


18  E521    Jasa Pendidikan / ducation Services

Perusahaan swasta yang menyediakan pendidikan akademis dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi, penyelenggara kursus bahasa dan keterampilan, penyelenggara sertifikasi bahasa dan standarisasi kompetensi.9  E522    Jasa Penunjang Konsumen / Consumer Support Services.


19  E522  Jasa Penunjang Konsumen / Consumer Support Services

Perusahaan yang menyediakan jasa pendukung konsumen seperti pramuwisma, penatu, keamanan tempat tinggal, reparasi dan perawatan rumah, bantuan hukum, event organizer, desain interior, perawatan tubuh.


E6. Sub sektor Media & Hiburan / Media & Entertainment

20  E611    Periklanan / Advertising

Perusahaan yang menyediakan jasa periklanan meliputi jasa bantuan penasihat, kreatif,  produksi  bahan  periklanan, perencanaan dan pembelian media iklan atas dasar balas jasa maupun sewa.


21  E612    Penyiaran / Broadcasting

Perusahaan pemilik stasiun radio dan televisi, penyiaran radio dan televisi secara over the air.


22  E613    Penyiaran Berbayar / Cable & Satellite

Perusahaan yang menyediakan jasa penyiaran radio dan televisi melalui kabel, satelit dan internet.


23  E614    Penerbitan / Consumer Publishing

Perusahaan yang menerbitkan majalah, surat kabar, buku baca, dalam bentuk cetak maupun elektronik.


24  E621    Hiburan & Film / Entertainment & Movie Production

Perusahaan yang melakukan produksi dan distribusi film, perekaman dan penerbitan musik, agensi artis.

 

E7. Sub sektor Perdagangan Ritel / Retailing

25  E711    Distributor Barang Konsumen / Consumer Distributors

Perusahaan yang melakukan distribusi dan perdagangan barang grosir yang tidak diklasifikasikan  di  klasifikasi lain termasuk distributor kendaraan.


26  E721    Ritel Internet & Homeshop / Internet & Homeshop Retail

Perusahaan pedagang eceran yang menjual barang melalui internet, televisi, katalog (homeshopping). Tidak termasuk perusahaan yang tidak memiliki stok barang dan hanya memiliki platform digital.


27  E731    Department Store / Department Stores

Perusahaan pemilik department store atau Toko Serba Ada (Toserba) yang tidak menjual makanan atau minuman.


28  E741    Ritel Pakaian & Tekstil / Apparel & Textile Retail

Perusahaan pedagang eceran yang utamanya menjual pakaian, sepatu, perhiasan,  tekstil,  dan  asesoris  tubuh lainnya.


29  E742    Ritel Elektronik / Electronics Retail

Perusahaan pedagang eceran yang utamanya menjual barang elektronik rumah tangga dan konsumen.


30  E743    Ritel Barang Rumah Tangga / Home Improvement Retail

Perusahaan pedagang eceran yang utamanya menjual material bangunan, perlengkapan rumah seperti furnitur, cat, peralatan kebun, peralatan sanitasi.


31  E744    Toko Khusus / Specialty Stores

Perusahaan pedagang eceran yang khusus menjual satu jenis barang bukan makanan atau minuman, seperti toko buku,toko alat musik, toko rekaman musik dan video, toko kaca mata, money changer, duty free shop.


32  E745    Ritel Otomotif / Automotive Retail

Perusahaan pedagang eceran yang utamanya menjual barang otomotif, seperti dealer mobil atau motor, penjual asesoris otomotif, dan bahan bakar.

 

(F) Kesehatan (Healthcare)

Industri Kesehatan mencakup perusahaan yang menyediakan produk dan layanan kesehatan seperti Produsen Peralatan dan Perlengkapan Kesehatan, Penyedia Jasa Kesehatan, Perusahaan Farmasi, dan Riset di Bidang Kesehatan.

F1. Sub sektor Jasa & Peralatan Kesehatan / Healthcare Equipment & Providers

1  F111    Peralatan Kesehatan / Healthcare Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi peralatan elektromedik, elektroterapi, dan peralatan iradiasi seperti alat radiasi sinar X, CT scanner, magnetic resonance imaging (MRI), alat bantu dengar,  alat  pacu  jantung,  peralatan endoskopi elektromedikal, peralatan laser medis, furnitur kedokteran.


2  F112    Penyedia & Distribusi Perlengkapan Kesehatan / Healthcare Supplies & Distributions

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi perlengkapan medis yang digunakan dalam industri kesehatan dan langsung kepada konsumen akhir seperti suntikan, kateter, peralatan bedah, pelat dan baut tulang, termometer, lensa kaca mata, lensa kontak.


3  F121    Penyedia Jasa Kesehatan / Healthcare Providers

Perusahaan pemilik dan pengelola rumah sakit, poliklinik, klinik praktek dokter, laboratorium diagnosa kesehatan, penyedia paramedis, penyedia kesehatan hewan.


F2. Sub sektor Farmasi & Riset Kesehatan / Healthcare Providers

4  F211    Farmasi / Pharmaceuticals

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi obat-obatan kimia dan tradisional/jamu, vaksin, antibiotik, vitamin, dan obat-obatan untuk hewan.


5  F221    Riset Kesehatan / Healthcare Research

Perusahaan yang melakukan penelitian di bidang kesehatan seperti penelitian bioteknologi, penelitian obat dan vaksin.

 

(G) Keuangan (Financials)

Industri Keuangan mencakup perusahaan yang menyediakan layanan keuangan seperti Bank, Lembaga Pembiayaan Konsumen, Modal Ventura, Jasa Investasi, Asuransi, dan Perusahaan Holdings.

G1. Sub sektor Bank / Banks

1  G111   Bank / Banks

 Perusahaan yang melakukan kegiatan perbankan termasuk bank daerah dan bank perkreditan rakyat.


G2. Sub sektor Jasa Pembiayaan / Financing Service

2  G211   Pembiayaan Konsumen / Consumer Financing

Perusahaan yang melakukan pembiayaan konsumen termasuk sewa guna usaha dengan hak opsi/leasing dan kredit konsumen termasuk perusahaan pegadaian.


3  G221   Modal Ventura / Venture Capital

Perusahaan yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan.


4  G222   Pembiayaan Usaha Khusus / Specialize Business Financing

Perusahaan yang melakukan kegiatan pembiayaan bisnis khusus seperti lembaga pembiayaan ekspor, pembiayaan pembangunan perumahan, dan pembiayaan infrastruktur.

 

G3. Sub sektor Jasa Investasi / Investment Service

5  G311   Manajemen Investasi / Investment Management

Perusahaan yang menyediakan jasa manajemen investasi, pengelola reksa dana.


6  G312   Bank Investasi & Perantara Perdagangan / Investment Banking & Brokerage Services

Perusahaan yang menyediakan jasa penjamin emisi efek, merjer dan akuisisi, dan perantara perdagangan efek.


7  G313   Penyelenggara Pasar / Market Operators

Perusahaan penyelenggara pasar modal dan komoditas termasuk lembaga penunjangnya seperti lembaga kliring dan penjaminan, lembaga penyimpanan efek, sentra dana berjangka.


8  G314   Pendukung Jasa Investasi / Investment Service Support

Perusahaan yang menyediakan jasa administrasi efek, bank kustodian, wali amanat,  lembaga  pemeringkat  efek, perusahaan indeks.

 

G4. Sub sektor Asuransi / Insurance

9  G411   Pialang Asuransi / Insurance Brokers

Perusahaan yang memberikan jasa dalam rangka pelaksanaan penutupan objek asuransi kerugian milik tertanggung kepada perusahaan-perusahaan asuransi kerugian sebagai penanggung, termasuk broker reasuransi.


10  G412   Asuransi Umum / General Insurance

Perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti seperti asuransi kecelakaan, kesehatan, perjalanan, properti, transportasi, kendaraan bermotor, kapal, penerbangan, pertanggungjawaban, dan kehilangan uang.


11  G413   Asuransi Jiwa / Life Insurance

Perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.


12  G414   Reasuransi / Reinsurance

Perusahaan yang memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi Kerugian dan atau Perusahaan Asuransi Jiwa.


G5. Sub sektor Perusahaan Holding & Investasi / Holding and Investment Companies

13  G511   Perusahaan Holding Keuangan / Financial Holdings

Perusahaan sektor keuangan yang memilik anak perusahaan yang bergerak di sektor keuangan lainya dan menyumbang pendapatan mayoritas dari anak perusahaan tersebut.


14  G512   Perusahaan Investasi / Investment Companies

Perusahaan yang pendapatannya berasal dari pendapatan investasi dari penyertaan modal pada satu perusahaan atau lebih.

 

(H) Properti & Real Estat (Properties & Real Estate)

Industri Properti dan Real Estat mencakup perusahaan Pengembang Properti dan Real Estate dan perusahaan yang menyediakan Jasa Penunjangnya.


H1. Sub sektor Properti & Real Estat / Properties & Real Estate

1  H111   Pengembang & Operator Real Estat / Real Estate Development & Management

Perusahaan yang melakukan pengembangan, penjualan, penyewaan, dan pengoperasian real estat, seperti bangunan apartemen dan tempat tinggal, bangunan bukan tempat tinggal termasuk pusat perbelanjaan dan perkantoran, tanah pengembangan gedung, pembagian real estat menjadi tanah kapling tanpa pengembangan lahan, kawasan industri.


2  H112   Jasa Real Estat / Real Estate Services

Perusahaan yang melakukan kegiatan makelar real estat, perantara pembelian, penjualan, dan penyewaan atas dasar balas jasa, jasa penaksiran real estat.

 

(I) Teknologi (Technology)

I1. Sub sektor Perangkat Lunak & Jasa TI / Software & IT Services

1  I111     Aplikasi & Jasa Internet Online / Applications & Services

Perusahaan yang menyediakan jasa pengembangan dan aplikasi berbasis internet seperti search engine, social media, e-commerce dan jasa lelang internet, penyedia portal web, penyedia permainan dalam jaringan, jasa keamanan internet.


2  I121     Jasa & Konsultan TI  IT Services & Consulting

Perusahaan yang melakukan kegiatan konsultasi teknologi informasi seperti konsultasi keamanan informasi, perancangan integrasi sistem TI, instalasi perangkat, pengolahan data secara elektronik.


3  I131     Perangkat Lunak / Software

Perusahaan yang melakukan pengembangan dan distribusi perangkat lunak komputer untuk keperluan bisnis dan konsumen seperti software sistem, software aplikasi, mobile software, software pemograman, software database.

 

I2. Sub sektor Perangkat Keras & Peralatan Teknologi / Technology Hardware & Equipment

4  I211     Peralatan Jaringan / Networking Equipment

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi peralatan untuk kebutuhan jaringan seperti modem, bridge, router, gateway,  pemancar  wi-fi,  pemancar bluetooth, peralatan Private Branch Exchange (PBX).


5  I221     Perangkat Komputer / Computer Hardware

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi komputer seperti komputer desktop, laptop, termasuk telepon pintar dan komputer tablet, perlengkapan komputer seperti prosesor komputer, disk drive optik, flash drive, hard disk drive, printer, mouse dan keyboard, joystick, interface card seperti kartu grafis, kartu suara, kartu memori, kabel komputer.


6  I231     Perangkat & Instrumen Elektronik / Electronic Equipment & Instruments

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi instrumen elektronik seperti monitor, proyektor, scanner, helm virtual reality, fotokopi, faks, kartu pintar/chip, kamera keamanan, sistem alarm keamanan dan kebakaran.


7  I232     Komponen Elektronik & Semi Konduktor / Electronic Components & Semiconductors

Perusahaan yang melakukan produksi atau distribusi komponen elektronik seperti tabung elektron, resistor elektronik, mikroprosesor, induktor, kristal elektronik, komponen layar seperti plasma dan LCD, light emitting diodes (LED), integrated circuit (IC), transistor, dan papan semikonduktor.

 

(J) Infrastruktur (Infrastructures)

Industri Infrastruktur mencakup perusahaan yang berperan dalam Pembangunan dan Pengadaan Infrastruktur seperti Perusahaan Penyedia Jasa Logistik dan Pengantaran, Penyedia Transportasi, Operator Infrastruktur Transportasi, Perusahaan Konstruksi Bangunan Sipil, Perusahaan Telekomunikasi, dan Perusahaan Utilitas.

J1. Sub sektor Infrastruktur Transportasi / Transportation Infrastructure

1  J111    Operator Bandar Udara / Airport Operators

Perusahaan yang mengoperasikan bandar udara termasuk pengaturan lalu lintas udara, penanganan kargo bandar udara, katering penerbangan.


2  J112    Operator Jalan Tol & Rel / Highways & Railtracks

Perusahaan yang mengoperasikan jalan tol  dan rel kereta api termasuk perawatan.


3  J113    Operator Pelabuhan / Marine Ports & Services

Perusahaan yang mengoperasikan pelabuhan termasuk pengaturan pelabuhan, penanganan kargo laut.


J2. Sub sektor Konstruksi Bangunan / Heavy Constructions & Civil Engineering

4  J211    Konstruksi Bangunan / Heavy Constructions & Civil Engineering

Perusahaan yang melakukan perancangan dan jasa konstruksi baik bangunan sipil seperti jalan, jembatan, terowongan, pengaturan air, bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta api, konstruksi rumah dan gedung seperti gedung perkantoran, perbelanjaan, apartemen, rumah sakit atas dasar  balas  jasa/fee  dengan  tidak mendapatkan pendapatan jual dan sewa.

 

J3. Sub sektor Telekomunikasi / Telecommunication

5  J311    Jasa Telekomunikasi Kabel / Wired Telecommunication Service

Perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi menggunakan kabel seperti penyedia jasa internet (internet service providers / ISP) dan transfer data yang menggunakan kabel.


6   J312    Jasa Telekomunikasi Terintegrasi / Integrated Telecommunication Service

Perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi terintegrasi seperti pemilik jaringan  telepon  fixed  line  dan  jasa telekomunikasi lainnya.


7   J321    Jasa Telekomunikasi Nirkabel / Wireless Telecommunication Services

Perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi nirkabel termasuk penyedia jasa internet melalui pemancar dan perusahaan yang menyewakan menara telekomunikasi.

 

J4. Sub sektor Utilitas / Utilities

8  J411    Utilitas Listrik / Electric Utilities

Perusahaan yang melakukan pengadaan listrik seperti pem.ilik pembangkit listrik dan distribusi tenaga  listrik,  termasuk Independent Power Producers (IPP).


9  J421    Utilitas Gas / Gas Utilities

Perusahaan yang melakukan distribusi gas kepada konsumen akhir, seperti pemilik jaringan pipa gas, pengisian dan distribusi tabung gas rumah tangga.


10  J431    Utilitas Air / Water Utilities

Perusahaan yang melakukan pengadaan air bersih termasuk penjernihan dan penyaluran air.

 

(K) Transportasi & Logistik (Transportation & Logistic)

Industri Transportasi dan logistik mencakup perusahaan yang berperan dalam aktivitas perpindahan dan pengangkutan seperti , Penyedia Transportasi serta Perusahaan Penyedia Jasa Logistik dan Pengantaran.

K1. Sub sektor Transportasi / Transportation

1  K111   Maskapai Penerbangan / Airlines

Perusahaan pemilik maskapai penerbangan dan penyewaan pesawat terbang yang utamanya   melakukan   pengangkutan penumpang menggunakan moda transportasi udara.


2  K121   Pengangkutan Laut Penumpang / Passenger Marine Transportation

Perusahaan yang melakukan jasa pengangkutan dan penyewaan kendaraan air untuk penumpang, seperti kapal feri, tidak termasuk pemilik kapal pesiar atau kapal wisata.


3  K131   Kereta Api /Rail

Perusahaan yang melakukan jasa pengangkutan dan penyewaan kendaraan air untuk penumpang, seperti kapal feri, tidak termasuk pemilik kapal pesiar atau kapal wisata.


4  K132   Transportasi Jalanan / Road Transportation

Perusahaan yang menyediakan jasa pengangkutan jalan seperti taksi, ojek, bus, penyedia aplikasi reservasi transportasi, penyewaan kendaraan.

 

K2. Sub sektor Logistik & Pengantaran / Logistics & Deliveries

5  K211   Logistik & Pengantaran / Logistics & Deliveries

Perusahaan yang menyediakan jasa pengangkutan kargo, jasa kurir dan pengiriman barang melalui satu atau lebih moda transportasi seperti truk, kereta api, kapal laut, dan pesawat udara.


(Z) Produk Investasi Tercatat (Listed Investment Product)

Produk Investasi Tercatat mencakup produk-produk investasi yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia.

Z1. Sub sektor Kontrak Investasi Kolektif / Invesment Trusts

1  Z111    Reksadana / ETF / Mutual Fund / ETFs

Produk investasi Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya  diperdagangkan  di  PT Bursa Efek Indonesia.


2  Z112    Dana Investasi Real Estate / Real Estate Investment Trusts

Produk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan pada aset real estate (properti) yang dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia.


3  Z113    Dana Investasi Infrastruktur / Infrastructure Investment Trusts

Produk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan pada aset infrastruktur yang dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia.


Z2. Sub sektor Obligasi / Bonds

4 Z211    Obligasi Pemerintah / Government Bonds

Efek  berbasis  utang  dan  sukuk  yang diterbitkan oleh Negara dan dijadikan underlying atas Kontrak Berjangka.


5  Z212    Obligasi Korporasi / Corporate Bonds

Efek  berbasis  utang  dan  sukuk  yang diterbitkan oleh Korporasi yang dijadikan underlying atas Kontrak Berjangka.


Demikian Daftar Sektor IDX Industrial Classification. www.eddyelly.com (Sumber BEI)

Komentar spam dan link hidup tidak akan dipublikasikan.

Contact Form

Name

Email *

Message *